Place your ads here 468x60 px

Wednesday, October 19, 2011

Group Bakrie Kuasai Hak Penyiaran Piala Dunia 2014 di Indonesia

Kelompok usaha Bakrie lewat Bakrie Capital Indonesia menguasai hak lisensi media untuk tayangan Piala Dunia 2014 di Indonesia. Grup usaha yang digawangi oleh Nirwan Bakrie cs ini memenangkan tender yang digelar oleh FIFA. Selain memiliki hak lisensi siaran langsung, Grup Bakrie pun menguasai hak atas segala produk menyangkut Piala Dunia 2014 di Indonesia.

Namun, Grup Bakrie tidak lantas menyerahkan hak siar kepada anak perusahaannya di bidang media. Mereka akan membuka tender kepada setiap media di Indonesia pada 26 Oktober mendatang.

"Jadi kami akan memberi kesempatan pada setiap media yang ingin bekerjasama dalam menayangkan pertandingan Piala Dunia," kata Irwan Hendarmin, Creative and Strategic B-Plus yang merupakan tim eksekutif bentukan Bakrie Capital Indonesia, dalam jumpa pers yang juga dihadiri Duta Besar Brasil untuk Indonesia, Paolo Roberto Suarez, di Jakarta, Rabu (19/10).

Dijelaskan Irwan, hak yang melekat pada B-Plus yakni hak siaran di televisi berbayar, hak siar televisi reguler, hak tayangan di ponsel, hak tayangan via internet, serta hak tontonan publik. "Publik viewing adalah kegiatan yang mengumpulkan masyarakat untuk menonton bersama tayangan Piala Dunia baik itu di restoran dan cafe. Semua itu ada izinnya," ujar Irwan.

Dia menepis anggapan bahwa grup Bakrie sengaja memonopoli tayangan Piala Dunia. Menurutnya, hak yang didapat B-Plus melekat pada aturan FIFA. Karenanya B-Plus dimandatkan FIFA untuk menegakkan regulasi soal batasan dalam penayangan ikon Piala Dunia di Indonesia. "Seperti lambang sponsor resmi atau lambang FIFA itu ada aturannya. Dan itu melekat pada hak yang dimiliki B-Plus. Ini karena aturan main yang sudah ditetapkan FIFA,"

B-Plus pula yang akan memberi akreditasi bagi wartawan peliput asal Indonesia untuk ikut dalam rombongan besar awak media dunia yang meliput di sisi lapangan pertandingan. B-Plus akan mengundang seluruh media untuk mendapatkan akreditasi peliputan Piala Dunia 2014. "Selain itu wartawan yang terakreditasi bisa masuk ke mixzone untuk mengikuti konferensi pers pertandingan."

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More