Place your ads here 468x60 px

Wednesday, March 14, 2012

Hampir 50% Rakyat India tidak Mempunyai Kamar Mandi

Hampir separuh dari 1,2 miliar rakyat India masih belum punya toilet atau kamar mandi di rumah masing-masing. Namun, makin banyak warga India yang punya telepon seluler dan menikmati tayangan televisi.

Dua hasil yang kontras itu terangkum dalam data sensus terkini pemerintah India, yang dikutip stasiun berita BBC 14 Maret 2012. Sensus ini mendata rumah beserta perlengkapan dan aset-aset lain rakyat India.


Hasil sensus mencengangkan. Hanya 46,9% dari 246,6 juta rumah tangga yang sudah memiliki toilet, sedangkan 49,8% masih buang air kecil/besar di tempat terbuka. Selain itu hanya 3,2% yang menggunakan toilet umum.


Menurut pengamat, data itu menunjukkan kontradiksi yang rumit pada sistem masyarakat di India, negara berpenduduk terpadat kedua di dunia. Bagi mereka, sensus itu mengungkapkan bahwa India merupakan negara di mana jutaan orang sudah punya akses ke barang-barang konsumen dan teknologi canggih, namun banyak pula yang orang miskin yang bahkan masih tidak mendapatkan akses ke fasilitas pokok seperti toilet.


Sekitar 77% rumah di negara bagian Jharkand, India bagian timur, tidak punya fasilitas toilet. Di Orissa ada 76,6% dan Binar 75,8%. Tiga negara bagian itu termasuk yang terbelakang di India dan memiliki penduduk yang banyak namun rata-rata hanya hidup kurang dari US$1 per hari.


"Buang air besar di tempat terbuka terus menjadi masalah besar bagi negara ini karena masih diterapkan hampir dari setengah populasi," kata Kepala Badan Sensus India, C Chandramouli, saat mengumumkan hasil data terkini Selasa kemarin.


Menurut dia, kenyataan itu terkait dengan masalah budaya dan tradisi serta kurangnya pendidikan di kalangan masyarakat sehingga masih terjadi praktik yang tidak higenis. "Kita harus berusaha keras untuk mengatasi masalah-masalah ini," kata Chandramouli.

Akses Teknologi
Data itu juga menunjukkan perubahan masyarakat dalam mendapatkan informasi dan hiburan. Hasil sensus menunjukkan 63,2% rumah tangga di India sudah memiliki satu unit telepon.
Bahkan, lebih dari setengah rakyat India atau sebanyak 53,2% sudah punya ponsel.

Selain itu terjadi kenaikan 16% dalam jumlah rumah tangga yang punya satu unit televisi, namun penggunaan radio turun 15%. Menurut data terkini, 47,2% rumah tangga sudah punya televisi, sedangkan yang memiliki radio hanya 19,9%.


Namun, baru 3,1% dari total rakyat India yang sudah punya akses internet melalui perangkat komputer.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More