Place your ads here 468x60 px

Sunday, August 5, 2012

Didiskualifikasi, Atlet Bulu Tangkis China Gantung Raket


Atlet bulu tangkis putri asal Cina, Yu Yang, memutuskan untuk pensiun. Hal tersebut tak lepas dari keputusan Badminton World Federation (BWF) yang mendiskualifikasinya dari ajang Olimpiade 2012 London.

Yu adalah salah satu pemain ganda putri yang diusir dari Olimpiade pada Rabu, 1 Agustus 2012. Selain Yu, ada tujuh atlet lain yang juga didiskualifikasi. Di antaranya rekan setim Yu, Wang Xiaoli, dua ganda Korea Selatan Jung Kyung-Eun/Kim Ha-Na dan Ha Jung-Eun/Kim Min-Jung, serta pasangan Indonesia Greysia Polii/Meiliana Jauhari.

»Ini adalah kompetisi terakhir saya. Selamat tinggal BWF. Selamat tinggal bulu tangkis tercinta,” tulis Yu di blog Tencent. »Kami…hanya mematuhi peraturan untuk meninggalkan pertandingan.”

Delapan atlet itu didiskualifikasi karena dinilai tak menjunjung sportivitas. Mereka dinilai sengaja tak bermain maksimal atau mencari kekalahan, untuk memanipulasi undian di babak selanjutnya. Semua pasangan tersebut telah memastikan diri lolos dan hasil pertandingan semalam merupakan penentuan lawan-lawan mereka di fase berikutnya.

Mereka pun mendapat cemoohan dari 4.800 penonton yang hadir di Wembley Arena. Setelah laga itu WBF melakukan sidang terhadap mereka. WBF kemudian mendiskualifikasi empat ganda putri tersebut.

Meski begitu, Yu Yang mengelak bahwa dirinya bermain setengah hati, karena mereka akan bertanding lagi sehari kemudian. Ia pun sepertinya tidak menerima keputusan dari BWF.

Itu adalah cara agar bisa bersaing di putaran kedua, sistem gugur. Ini pertama kalinya Olimpiade telah berubah format,” tutur Yu. »Anda telah menghancurkan impian kami dengan tanpa perasaan. Itu sangat sederhana. Tapi ini tidak akan pernah bisa saya ampuni.”

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More