Place your ads here 468x60 px

Wednesday, September 21, 2011

Skandal Penyadapan di Inggris, Penyadap Selebriti ‘Disadap’ oleh Peretas


Surat kabar milik Rupert Murdoch, “News of the World”, telah menyadap ponsel para selebriti selama bertahun-tahun. Sekarang peretas membalikkan ujung tombaknya.

Orang yang dikatakan mati biasanya hidup lebih lama. Tidak lama setelah kelompok hacker LulzSec bubar, ternyata mereka kembali melakukan serangan berikutnya. Boleh jadi, ini merupakan lonceng kematian bagi imperium media milik Rupert Murdoch tersebut. Anggota kelompok hacker ini berhasil menjebol website Koran ‘The Sun’, yang masih satu grup dengan media milik Murdoch “News of The World”. Aksi tersebut merupakan balasan terhadap skandal penyadapan yang mereka lakukan.  Anggota LulzSec berhasil ‘membaca’ e-mail dari redaksi  yang dapat membuat skandal penyadapan terang-benderang.

Metode apa yang digunakan oleh para jurnalis Murdoch, sebenarnya sudah diketahui sejak Januari 2007. Diduga dengan memanfaatkan trik sederhana pada mailbox, reporter ‘News of the World’ Cliff Goodmann bersama dengan detektif swasta berhasil menyadap sekitar 600 percakapan ponsel dari pegawai kerajaan Inggris. Goodmann kemudian divonis penjara 4 bulan, namun pimpinan redaksinya, Andi Coulson, malah diangkat menjadi penasihat David Cameron yang memudioan menjadi Perdana Menteri.

Namun, aksi penyadapan terhadap anggota kerajaan tersebut bukanlah kasus pertama. Setelah anak berusia 13 tahun bernama Milly diculik pada Maret 2002 lalu, jurnalis “News of the World’ menyadap  mailbox anak gadis tersebut. Reporter bahkan menghapus pesan-pesan suara yang lama dan memberikan harapan-harapan palsu kepada orangtua gadis yang akhirnya ditemukan tewas.

Setelah berbagai pengungkapan baru, media ‘News of the World’ ditutup pada tanggal 10 Juli 2011. Namun, skandal penyadapan tersebut tidak berhenti di situ. Polisi harusnya tahu mengenai penyadapan oleh orang-orang Murdoch tersebut yang membuat Kepala Kepolisian Metropolitan London mengundurkan diri. Bahkan Perdana Menteri Cameroon berada di bawah tekanan. Ia hanya mempertahankan penasihat pribadinya, Andy Coulson, mantan pimpinan redajsu ‘News of the World’, sampai Januari 2011 saja. Bola panas politik ini sudah meluncur jauh sebelum peretasan oleh kelompok hacker LulzSec.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More