Place your ads here 468x60 px

Monday, September 19, 2011

Tipe-Tipe Remaja Masa Kini


Remaja adalah masa peralihan menuju kedewasaan. Remaja adalah masa yang menentukan baik-buruknya kita di masa yang akan datang. Keputusan-keputusan besar yang menentukan hidup kita nantinya kita ambil ketika kita berada dalam usia remaja.
                Berbagai tingkah laku yang kita lakukan meru[akan peralihan dari tingkah laku kekanak-kanakan kita menuju ke tingkah laku yang dewasa dan benar. Remaja-remaja pada umumnya selalu berusaha menunjukkan siapa dirinya dengan berbagai tingkah laku yang ingin dilakukannya.
                Berikut ini adalah tipe-tipe remaja masa kini berdasarkan dari penilaian subjektif penulis:
1.       Remaja “Up to date
Remaja yang termasuk dalam golongan ini adalah remaja yang merasa bahwa dia akan dianggap oleh teman-temannya jika dia dapat mengikuti gaya hidup keren di masa itu. Tahu lagu-lagu barat terbaru, film-film yang sedang tayang di bioskop, punya jejaring sosial yang tengah heboh dibicarakan, gadget-gadget mahal terbaru, aktris dan aktor yang sedang terkenal baik lokal maupun internasional. Dia akan merasa bangga berada diantara teman-temannya jika dia tahu mengenai hal-hal baru di dunia ini. Remaja tipe ini adalah remaja yang paling banyak memijakkan kaki di bumi ini.
2.       Remaja “Pro Belajar”
Remaja “Pro Belajar” adalah remaja yang menghabiskan lebih dari 2/3 waktunya dalam satu hari satu malam untuk belajar. Remaja seperti ini memang sangat jarang ditemui, kalau dibuat perbandingan antara remaja “pro belajar” ini dengan remaja biasa, kita bisa membuat perbandingan 1:250 untuk remaja ini. Remaja dengan tipe ini adalah remaja yang mengorientasikan dirinya untuk menjadi orang cerdas dengan ilmu-ilmu yang ia tuntut dan pelajari. Remaja seperti ini biasanya tidak terlalu memikirkan penampilan, prestise, dia lebih merasa akan dihargai dengan prestasi-prestasinya di bidang akademik.
3.       Remaja “4L@y”
Remaja tipe ini adalah remaja yang sedang eksis di Indonesia. Banyak remaja yang secara langsung atau tidak langsung telah menunjukkan bahwa dirinya termasuk dalam golongan ini. Ungkapan “alay” adalah ungkapan yang diberikan pada remaja-temaja yang bertingkah berlebihan dalam hal tulisan, gaya, dan cara bergaul. Ketikan sms berhuruf besar-kecil dan fesyen yang keartisan merupakan ciri utama dari remaja alay.
4.       Remaja “anti kebaikan”
Remaja tipe ini adalah remaja yang merasa berbuat onar adalah hal yang sangat bisa dibanggakan. Remaja ini adalah remaja-remaja yang banyak berkeliaran di jalan raya. Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang melebihi batas normal, gaya punk yang sebenarnya sangat tidak cocok pada mereka, tindik baik di telinga, dekat mata, di lidah, dan organ tubuh lainnya. Remaja ini cenderung tidak memikirkan orang-orang sekitarnya. Dia merasa berbuat kebaikan berarti menunjukkan keculunan.
5.       Remaja “religius”
Memakai pakaian tertutup, tidak mengenal istilah pacaran, tidak terlalu dekat dengan lawan jenis, adalah ciri-ciri remaja yang disebut remaja religius. Remaja ini adalah remaja yang merasa bahwa hidupnya di dunia ini adalah investasi untuk kehidupannya nanti di akhirat. Remaja ini remaja yang baik dan cukup disegani karena kesantunannya.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More